Slide ku ^^

Selasa, 04 Mei 2010

Sinopsis The Secret Of Moonacre

Maria Merryweather menjadi seorang gadis yatim piatu, ia menghadiri pemakaman kedua orang tuanya. Ia melihat ada seorang anak lelaki yang berdiri dii sekitar tempat pemakaman tapi saat ia melihat untuk kedua kalinya lelaki itu sudah menghilang. Maria ditemani ibu asuhnya Miss Heliotrop ke kantor pengacara untuk mengambil surat wasiat, kekecewaan menghampirinya saat mengetahui hanya sebuah buku yang ia peroleh dan segala harta orang tuanya sudah hilang. Maria mendapatkan buku yang berisi dongeng lembah Moonacre, ia hanya membaca sedikit. Isi buku itu adalah tentang Putri bulan yang menceritakan mutiara sumber kekuatannya didepan keluarganya dan calon suaminya.

Gbr 1. Maria menjahit bersama Miss Helitrop untuk mengalihkan rasa mual di perjalanan
Maria bergegas untuk pergi ke rumah pamannya di suatu desa, ia berpamitan dengan para pelayannya. Miss Heliotrop dengan senang hati ternyata bersedia ikut kemanapun ia pergi karena telah berjanji kepada orang tuanya. Di perjalanan mereka sempat akan dicelakai oleh para perampok saat kusir kereta mereka membuka gerbang, untungnya mereka berhasil menyelamatkan diri (si kusir dodol, gak tau sama sekali Maria mau diculik). Maria sampai di lembah Moonacre rumah pamannya Sir Benjamin, rumah itu tampak rapuh seperti mau runtuh. Sir Benjamin dengan acuh sama sekali tidak mau mendengar cerita perjalanan mereka dan langsung menyuruh mereka ke kamarnya.


Maria dan Miss Heliotrop dibatasi kemana-mana oleh sir Benjamin, sir Benjamin yang mendapati Maria membawa buku warisannya langsung mengambil dan menyimpan paksa buku itu. Maria protes dan meminta bantuan ibu asuhnya tapi dengan gaya lucunya Miss Heliotrop berkata mungkin ia hanya membantu menyimpan buku itu dan menyarankan Maria makan sarapannya. Maria dilarang keras untuk pergi ke hutan dan ia aneh siapa yang selalu meletakkan kue, baju beserta susu di kamarnya pagi hari. Ia juga menemukan lukisan putri bulan yang sudah terpasang di depan kamarnya tiba- tiba (lukisan biasa muncul kalo ada Putri Bulan selanjutnya) dan selalu di kawal oleh anjing hitam yang bernama Wolf juga kuda putih unicorn.


Dengan lancang Maria memainkan piano yang diselimuti kain putih (piano itu sempat bermain sendiri), sang paman terlihat geram dan meminta pelayannya Digweed membawakan cambuk untuknya. Haha ternyata untuk berkuda bersama, kirain mau nyambuk… Saat akan pulang ia meminta waktu untuk berkeliling sendirian disana, pamannya memperbolehkan asal tidak pulang terlambat dan tidak masuk ke hutan. Ia penasaran dan masuk kehutan. Melihat kelinci dikurung ia buru-buru membebaskannya, Robin De Noir ( yg berdiri di pemakaman dan berusaha menculiknya di gerbang) dan komplotan De Noir mau menangkapnya tapi digagalkan oleh Wolf yang melindungi Maria. Ia pulang telat dan dimarahi oleh pamannya.

Sebelum tidur Maria melihat bintang- bintang jatuh di langit- langit kamar tidurnya (kamarnya bagus) dan mereka sangat dekat jaraknya. Ia bangun keesokan hari dan hendak menanyakannya hal itu pada Benjamin, tanpa ada sebab sir Benjamin menangis selesai memainkan pianonya. Maria berlari kecil mengejar wolf, ia sangat terkejut ketika bayangan wolf dikaca yang mereka lewati adalah seekor singa bukan anjing tapi ia terus berjalan hingga masuk ke suatu ruangan. Ruangan itu adalah dapur yang tersembunyi di balik pintu rahasia, ia menemukan koki (Marmeduke) yang tenyata selama ini meletakkan kue beserta susu dikamarnya. Maria akhirnya mengalihkan semua pertanyaan padanya, Marmeduke menyuruh Maria membaca buku warisannya agar mendapat jawaban juga tidak lupa membekalinya cemilan. Marmeduke tau lo dimana tempat rahsia sir Benjamin simpan itu buku.

Maria membaca buku itu isinya: Kaum De Noir (keluarga putri bulan) berebut mutiara itu dengan kaum Merryweather (kel. calon suaminya), De Noir dapat kotak dan Merryweather dapat kuncinya. Putri bulan yang murka mengutuk mereka jika sampai bulan ke 5000 dari sekarang muncul dan mutiara itu tidak dikembalikan oleh keturunan mereka ke tempat asalnya, bulan akan menjatuhi tempat mereka. Kedua keluarga saling menuduh siapa telah yang mengambil mutiara.

Maria melarikan diri karena mendapatkan jawaban pertanyaannya yaitu Maria adalah Putri Bulan selanjutnya yang harus mencabut kutukan dan 2 hari lagi adalah bulan ke 5000. Ia lari ke hutan dan bertemu dengan Loveday. Loveday lah yang selalu membawakannya baju melalui pintu rahasia (banyak pintu rahasia nyaingin Doraemon nih..) ke kamar Maria. Maria mendapatkan kunci di buku warisannya dan berniat mencuri mutiara dari kotak De Noir untuk di kembalikan ke asalnya. Maria tertangkap dan dikurung, dengan kecerdikannya ia menipu penjaga dan berlari. Ia dikepung dan terpaksa loncat ke hutan dari bangunan rumah De Noir dan tersesat. Robin yang sepertinya menyukai Maria menggerutu “gadis bodoh, seharusnya ia tetap tinggal di mana dia berada”. Wolf menemukan tuannya dan membawanya pulang sebelum De Noir berhasil menemukannya. Sir Benjamin marah lagi pada Maria yang tidak mengikuti nasehatnya, sebenarnya ia mengkhawatirkan si keponakan.

Gbr 3. Loveday berdansa dengan Benjamin (pemeran Loveday = putri bulan)
Loveday seperti biasa masuk ke kamar Maria untuk membawa gaun peninggalan Putri Bulan, Maria yang sudah bangun mengetahuinya. Maria yang biasa menolak memakai gaun pemberian Loveday karena norak memutuskan untuk mengenakan gaun itu. Loveday yang awalnya takut untuk turun bersama Maria terlihat seperti mengenal baik rumah itu. Mereka memainkan piano bersama, maria berhenti saat kaca yang tepajang tidak jauh dari mereka seperti mengungkapkan sesuatu. Di kaca Maria melihat pamannya dan Loveday yang sedang berdansa, mereka hampir menikah. Saat itu Loveday dengan jujur mengakui ia adalah keturunan De Noir, Benjamin merasa tertipu dan membentak Loveday hingga ia kabur.

Mereka tidak ada yang merasa bersalah dan tidak mau meminta maaf. Loveday mendesah “Ia menghancurkan hatiku”, Maria “kufikir ia menghancurkan hatinya juga”. Loveday menyangkal jawabannya ”Tapi dia membiarkanku hilang selamanya” ,Maria “itu cukup membuatnya shock, Maksudku..mungkin jika kau menunggunya tenang. Barangkali meminta maaf?” , Loveday” aku minta maaf?” Loveday meninggalkan Maria. Maria kesal dan mengumpat ”aku mulai megerti satu hal, kutukan sebenarnya lembah ini adalah kebanggaan(gengsi).”

Degweed akan memindahkan lukisan putri bulan di depan kamar Maria tapi Maria menghentikannya “tetap disitu, jangan bergerak aku akan kembali.”(digweed beneran dodol, dia mematung dengan posisi muka lagi melongo dan berhenti saat Maria menyuruhnya berhenti) Miss Heliotrop dan Marmeduke dibawa serta Maria ke depan lukisan. Lukisan itu bergerak dan menunjukkan dimana pohon tempat putri bulan menyimpan mutiaranya selama ini, Mereka melihat dengan seksama sampai memiringkan kepala ke kiri. Hanya Maria yang dapat melihat pergerakan itu. Maria memutuskan pergi sendiri mencari mutiara tapi ia tidak mengenal hutan. Marmeduke menyarankan Maria meminta bantuan Robin yang berdarah De Noir karena De Noir pasti hafal dengan hutan. Tapi Maria menolaknya karena gengsi (bener kutukannya gengsi  hehe).

Gbr 1. Maria membawa kelincinya (serena ) dalam misi
Degweed memberikan surat dari Loveday kepada Benjamin agar mereka bertemu begitu juga sebaliknya Loveday menerima undangan Benjamin, padahal ini akal- akalan Maria. Maria menjalankan rencana dibantu Wolf dan kelincinya menjebak Robin hingga ia tergantung terbalik di pohon. Loveday dan Benjamin bertemu setelah mereka berdandan dan mereka sangat gugup sayangnya akal-akalan Maria terbongkar. Robin menyetujui permintaan Maria, ditempat lain Benjamin cemas mengetahui Maria menjalankan rencananya. Mereka bergegas pergi menyusul, tak lupa Miss Heliotrop ikut bergabung dengan baju ala ekspedisi hutan lengkap hahaha. De Noir yang mengetahui Maria dihutan bergerak untuk menangkapnya dan kalau bisa membunuhnya.


Di jalan Loveday mengungkapkan kekesalannya karena Benjamin tak pernah berusaha menemukan keberadaannya. Benjamin kesal dan jalan lebih dulu. Marmeduke berbisik pada Loveday “Dia menghabiskan waktu berbulan- bulan dipunggung kuda mencarimu.” Loveday senang sekali mendengarnya, Loveday ini seorang De noir dan ia kakaknya Robin. Di tengah hutan Robin diculik oleh utusan ayahnya dan Wolf di tangkap, Maria bingung harus bergerak kemana. Unicorn sesekali muncul, ia mengikuti unicorn hingga menemukan pohon yang dicari. Saat hendak masuk ke dalam akar pohon ayah Robin muncul di hadapannya dari balik pohon, ayah Robin tidak tau persoalan pohon itu dan tidak curiga. Robin dan wolf berhasil melarikan diri ketika mereka mendengar teriakan Maria, wolf tertembak oleh De Noir. Robin menghalangi ayahnya yang akan membunuh Maria hingga ayahnya pergi.



Ayah Robin ternyata menunggu di tempat asal kutukan terjadi yaitu tempat asal mutiara itu. Tidak lama kemudian rombongan Benjamin minus Miss heliotrope dan Loveday juga tiba di sana, Miss Heliotrop ketinggalan dan tidak ada seorang pun yang sadar sedangkan Loveday memilih jalan sendiri. Maria dan Robin membawa mutiara yang berhsil mereka temukan, Benjamin dan ayah Robin sempat bertengkar tapi Loveday yang baru saja datang memaksa mereka berdua mendampingi Maria mengembalikan mutiara segera ke laut karena bulan sudah sangat dekat dengan laut. Maria memutuskan bergerak sendiri karena geram melihat mereka kembali bertengkar. Maria berdiri di tepi jurang berteriak “ Maria Merryweather, Putri Bulan Moonacre mencabut kutukan yang menggelapkan lembah ini. Ambil kembali milikmu!!” lalu melempar mutiara itu. Mutiara terbang kembali  ke tangan Maria, Maria memutuskan kalung mutiara itu dan melemparkannya kembali. Tapi mutiara tetap kembali dan sekarang menempel di gaunnya.

Gbr 2. Maria hampir kehabisan nafas di dalam air

Maria melihat ke mereka yang ada di belakangnya dan tanpa fikir panjang melompat ke dalam laut. Robin dan yang lain berlari ke ujung jurang menyesalkan keputusan Maria. Maria hampir kehabisan Nafas dan mutiara lepas satu persatu. Bulan menabrak laut membuat ombak menerjang begitu tinggi seperti kuda yang sedang berlarian ke arah daratan, tak berapa lama terlihat Maria telah berada di atas kuda diantara ombak yang menerjang dan sampai ke daratan. Benjamin memeluknya dan menangis saking menyesalnya.
Utusan De Noir datang dan menodongkan pistol ke arah Maria, tanpa terduga Miss heliotrope datang dan memukulinya dengan besi payung yang sudah botak hingga pingsan. Saat Benjamin akan melamar Loveday disaat itu pula Degweed mendahuluinya melamar Miss Heliotrop, Benjamin kesal karena pelayannya mendahuluinya. Rumah tempat tinggal mereka kembali Asri dan kokoh seperti sebelum terjadinya kutukan. Kedua keluarga kembali damai seperti sedia kala.

Tamat

6 komentar:

  1. gw ntn ini udah lama banget.. ceritanya agak aneh kalo menurut gw.. yang gw suka adalah baju2nya yang bagus2 dan klasik banget.. menggembung2 gitu roknya.. hehehe... nice review

    BalasHapus
  2. Aku suka benget tu film . Sampe lihat berkali-kali . :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Hahha.. Tenyata semuanya suka nih film gegara gaun yg dipakai mengembung

    BalasHapus